Otak-atik printer ngadat bag.7 (Mati total)

Senin, 28 Februari 2011
Halo-halo, piye kabare??? tak doakan semua sehat wal afiat, masih bersama Mr.Otak-atik...hehheeee

Masih juga membahas masalah printer, kali ini kerusakannya adalah MATI TOTAL atau MATI PET, nahhhh  kalo kerusakan ini sudah menyangkut masalah elektronik, tapi jangan khawatir ada Mr. Otak-atik menghadapi masalah dengan tenang...

Cara mengatasi :
1. Cek kabel power ac, ukur dengan avometer apa ada yg putus kabelnya
2. Cek tegangan output adaptor / regulator ada tegangannya nggak??





Gambar diatas adalah berbagai merek adaptor printer yang dipasang diluar



Gambar yang ini dipasang di dalam atau menyatu didalam board

Action
1. Semua sistem power suply atau adaptor sistem dan cara kerjanya sama, tergantung beban. Lihat gambar diatas, itu adalah adaptor external, berbagai merek printer biasanya memakai adaptor di luar dengan tujuan agar tidak terkena genangan tinta. Adaptor external ini biasanya tidak pakai mur atau sekrup, kebanyakan menggunakan teknologi pressing, sehingga membukanya butuh kesabaran.  Cara membukanya adalah dengan menggunakan tatah yang ujungnya agak lebar, masukkan ujung tatah ke tepi pojok pertemuan casing, pukul dengan pelan dan jangan terlalu keras karena bisa merusak komponen didalamnya, setelah terbuka celahnya sekarang setiap ujung buka atau cukit dengan obeng.
2. Bila sudah terlihat rangkaian adaptor pastikan bahwa tegangan di elco power harus nol, kalau masih ada tegangannya buang dengan mencolokkan kabel solder. Saya peringatkan jangan menyentuh langsung setiap komponen sebelum semua tegangan benar-benar hilang.
3. Cek fuse ac, bila masih normal cek resistor ac yang masuk ke dioda bridge, kalau masih normal, cek dioda bridge, kalau masih normal, cek resistor triger biasanya mempunyai nilai 0,227 ohm atau 0,33 ohm , bila mash normal, cek dioda triger in 4148, bila masih normal cek tr FET power, bila masih normal, cek ic triger, bila masih normal cek dioda output.

Itulah pengalaman saya dalam memperbaiki adaptor printer, sebagian besar penggantian komponen yang rusak sudah saya sebutkan diatas. Bila pembaca masih ada kesulitan tentang kerusakan adaptor printer ini, mohon di poskan lewat coment aja ya...Trimakasih.
www.oyi-tok.blogspot.com

Artikel terkait

Otak-atik printer bag.1
====================================
otak-atik printer ngadat bag 2
====================================
otak-atik printer ngadat bag 3
====================================
Otak-atik printer bag.4
====================================
otak-atik printer ngadat bag 5
====================================
otak-atik printer ngadat bag 6
====================================
otak-atik printer ngadat bag 7 (mati)
====================================

5 comments:

Anonymous said...

mas kalau service board printer t13 yang mati itu bagaimana ya? trimakasiih

bacalah said...

board mati banyak sebabnya : kena cairan tinta, korosi, komponen yg rusak...coba ambil board & cuci pake tiner super, cek juga dioda power, biasanya dioda glass...gd luck.

Anonymous said...

Mas.. printer ku canon ip2770 bermasalah nih... pas nge-print suka berhenti di tengah.. kadang hasilnya cuma setengah aja setengah nya lg ga ke print, tekadang kalo halaman pertama (word) isinya dikit.. waktu di print cuma sampe tulisan akhir..kertas berenti, print error katanya PAPER JAM, di tekan tombol resume baru kertas keluar dan lanjut halaman berikutnya..semisal ada 10 halaman kadang2 di halaman 7 terjadi kayak halaman 1 td..kertas tiba2 berhenti dan hasil print ga sempurna

ada solusi da mas..kalo ada pls kirim ke vi.yu@yahoo.com

terima kasih

Unknown said...

mas saya mau tanya, kenapa hasil print sy slalu putus-putus di posisi yg sama, sdh sy cleaning pakai cairan maupun software tetap sma..mohon tips dn solusinya

terima kasih
jawabannya kirim email sy: mizhar1218@gmail.com

Unknown said...
This comment has been removed by the author.

Post a Comment