Otak-atik printer ngadat bag.4 (Kertas gak bisa masuk)

Rabu 23 Februari 2011
Halo halo...Gimana kabar anda semua??...Jumpa lagi sama Mr.Otak-atik  heheeee.....
Ini postingan yang ke 4 dan masih membahas tentang kerusakan printer, tadi pagi ada pasien nih, cewek lagi, heheee, keluhannya " mas, printerku ini kalau dimasukkin kertas kok gak bisa masuk ya???, bisa masuk tapi kertas langsung robek, tolong cepet diperbaiki ya..". hehehe  yg namanya pelanggan itu macem-macem sifatnya, ada yang sabar, ramah, galak, pelit, royal...heheh  namanya juga pelanggan, kita harus hormatilah....Ok deh langsung ke TKP.

Cara mengatasi :
1. Lihat kondisi didalam roler mesin belakang, lihat gambar dibawah

2. Lihat secara teliti, apa ada benda-benda asing disekitar area tersebut, kalau ada segera bersihkan, dan biasanya benda asing tersebut menyelinap diantara roler atas dan bawah, lihat jari telunjuk saya, biasanya benda-benda tersebut terjepit diantara roler penarik kertas.
3. Hati-hati dalam membersihkan didalam mesin printer, jangan mengenai bagian elektronikanya, nanti kerusakan malah menjadi tambah parah lho, jangan menyentuh ic laba-laba karena  ic ini sangat sensitif sekali
4. Bila bagian dalam mesin printer sudah dibersihkan dari benda-benda asing, sekarang coba tes printer..

Bila kertas masih nyantol juga, kita selesaikan dengan cara ke 2, coba lihat gambar dibawah ini


Siapkan kertas karton tebal atau yang biasa buat sampul cover makalah itu lo, kalau sudah siap ikuti petunjuk saya.
Teknik perbaikan ini tanpa membongkar mesin printer secara total, tetapi berdasarkan pengalaman saya.

Action
1. Masukkan kertas karton dari depan, jadi ini dibalik, kan biasanya memasukkan kertas dari belakang terus keluar dari depan, tapi ini nggak malah kebalikannya...hehheee..tapi serius lo teknik ini sudah banyak menyelamatkan pasien....hehhee
2. Oh ya lanjut, masukkan kertas dengan pelan sekali (pakai perasaan lo yaaa) dan lihat gear besar sebelah kiri yg berfungsi sebagai penggerak roler, putar gear tersebut dengan tangan secara manual dan ingat printer harus dalam keadaan off atau mati,  lebih bagus lagi cabut kabel ac nya.
3. Setelah kertas karton masuk sebagian kedalam roler, coba rasakan apa ada yang menghalangi jalannya??kalau dirasa terasa berat, terus dorong kertas dengan memutar gear besar disebelah kiri,  dan lihat di bagian belakang atau tempat memasukkan kertas, apa ada benda asing yang nongol atau keluar, kalau ada ya itu penyebab macetnya kertas.
4. sekarang tarik keluar kertas karton pelan-pelan, dan coba hidupkan printer, masukkan kertas.. naaahhh  gimana lancar jaya kan...itu deh teknik tanpa bongkar mesin.

Sekian dulu deh tuk posting hari ini, semoga bermanfaat bagi anda semua.. Salam semangat, and have nice day....

Artikel terkait...

====================================
====================================
====================================
otak-atik printer ngadat bag 4
====================================
otak-atik printer ngadat bag 5
====================================
otak-atik printer ngadat bag 6
====================================
Otak-atik printer ngadat bag 7 (mati)
====================================

5 komentar:

Anonim mengatakan...

makasih mas, solusi anda membantu permasalahan saya :D

Anonim mengatakan...

terima kasih banyak bro, masalah saya teratasi dgn solusi anda :)

Ryan Mantab mengatakan...

thanks gan infonya..
mantab deh..
mampir di blog ane http://belajar-triks.blogspot.com/

bacalah mengatakan...

ok sama sama...

Anonim mengatakan...

Thanks Gan :D
Manjur banget, gak perlu ke dokter printer cukup otak atik sendiri :-)

Poskan Komentar