otak-atik tv rusak (mati)

Rabu, 2 Maret 2011
Apa kabar?? Alhamdulillah semua baik saja..Masih bersama say Mr.Otak atik..heheee
Kali ini kita membahas tentang kerusakan TV dengan kerusakan mati total / mati pet
Cara mengatasi :




1. Cek kabel ac power, ukur dengan avometer
2. Cek fuse ac 220v 2A
3. Cek dioda bridge
4. Cek transistor FET power
5. Cek resistor triger
6. Cek dioda output
7. Cek tr penguat output regulator
8. Cek ic triger
9. Cek tr horizontal (dekat fly back)
10. Cek fly back

Action :
1. Setiap kerusakan barang elektronika dengan kondisi mati total, cek dulu kabel ac, hal ini memang sepele tapi bila kita nggak memulai dari urutannya nanti bisa tambah pusing...hehee
2. Setelah kabel ac dicek, selanjutnya tes fuse (sekering) putus nggak, kalau putus jangan diganti dulu, cek komponen yang menyebabkan fuse putus, antara lain : tes dioda bridge (biasanya jebol atau shot), tes tr power regulator, tes NTC, kalau ada yang shot atau jebol, ganti yang baru
3. Bila langkah ke 2 sudah dijalankan, kondisi tv masih tetep aja mati, coba tes dioda output dengan melepas satu kaki dari pcb, tes juga transistor output tegulator, bila ada yang shot ganti komponen tersebut dengan yang baru
4. Kalau langkah ke 3 sudah dijalankan, kondisi tv masih tetap aja mati, coba tes tr horizontal, posisinya dekat fly back dan pakai pendingin, tes juga dioda tegangan tinggi horizontal, capasitor, dan resistor yang masuk ke kaki fly back no 2.




5. Bila langkah ke 4 sudah dijalankan, kondisi tv masih mati, tes fly back dengan cara lepas fly back dari pcb, gabungkan semua kaki / solder semua kaki, ukur dengan avometer ke posisi x10, colokkan warna hitam ke kaki fly back, warna merah ke anoda., bila jarum avometer bergerak berarti fly back rusak / shot dan harus diganti.

Sampai disini dulu tuk posting hari ini, kalau ada pertanyaan silahkan lewat pos comen aja ya.....tuh kopi gue dah mateng...tetap semangat dan selalu gembira..ok..
www.oyi-tok.blogspot.com

Artikel terkait

Cara menggunakan avo meter
====================================
Otak atik tv rusak (mati)
====================================
Otak-atik blender ngadat(mati)
====================================
Servis penyetrum nyamuk (mati)
====================================

0 komentar:

Poskan Komentar