Servis UPS

Kamis, 3 Maret 2011
Naaahh...jumpa lagi sama Mr.Otak-atik...heheheee
Kali ini kita membahas tentang kerusakan UPS (Uninterruptible power suply), sebenarnya UPS ini adalah sebuah perangkat elektronik penyelamat dari gangguan listrik yang tiba-tiba mati. Bila terjadi lampu mati secara mendadak, disinilah peran vital UPS bekerja, dia tetap mengeluarkan listrik untuk menyuplai komputer anda dalam durasi sekitar 30 menit bahkan ada yang sampai 2 jam, tergantung kapasitas UPS tersebut.
Kekuatan atau komponen penting didalam UPS adalah batery / acu / aki, bila kondisi aki ngedrop/soak sedikit saja, maka dapat dipastikan UPS tidak akan bekerja secara sempurna. Ok lah kita selesaikan saja masalah kerusakan UPS ini, ada pasien datang dengan keluhan " Mas, UPS ku ini kalau terjadi lampu mati, ada bunyi tuiiiiitt panjang sekali sampai pecah rasanya kuping ini, sekitar 1 menit langsung mati ". Oyi-tok langsung aja ya...
Cara mengatasi :
1. Cek soket / konektor aki
2. Cek bentuk fisik aki
3. Cek dioda kuprox
4. Cek aki


Action :
1. Sebelum membuka UPS pastikan bahwa posisi saklar induk UPS benar-benar off
2. Lihat konektor aki, apa terjadi korosi (kerusakan/kotoran yang disebabkan karena proses kimia), bila ada bercak putih / kuning segera bersihkan dengan air hangat, jangan tersentuh tangan, lebih bagus lagi pakai sarung tangan
3. Lepas semua sambungan kabel aki, amplas konektor aki sampai bersih, amplas juga konektor/soket kabel, setelah itu pasang kembali dan coba hidupkan tanpa mencolokkan kabel ac
4. Bila langkah ke 3 sudah dijalankan dan kerusakan masih tetap saja maka cek bentuk fisik aki, mengapa mengecek bentuk fisiknya?? karena aki yang terlalu lama didalam UPS bila kena charge berkali-kali tanpa pernah terjadi mati listrik, maka bentuk aki akan menggelembung karena cairan didalam aki kering ini berusaha keluar karena proses kimia menjadi listrik. Bila bentuk fisik aki berubah bentuk maka ganti langsung aja akinya. Ok
5. Kalau langkah ke 4 sudah dijalankan dan kerusakan masih tetap saja, cek dioda kuprox/bridge, didalam pengukuran dioda kuprox kalau terjadi selisih ohm yang sangat banyak, maka dapat dipastikan dioda tersebut rusak dan ganti dengan yang baru

Oh ya, teknik pengukuran aki adalah dengan cara memberi beban padi aki tersebut, kemudian tes tegangan aki dengan avo digital, tegangan normal adalah 11,85-12,5 vdc, Bila tegangan kurang dari yang saya sebutkan tadi, maka ganti saja aki dengan yang baru.
Demikianlah postingan saya untuk hari ini, kalau ada pertanyaan silahkan dikirim lewat post coment, saya akan berikan solusi terbaik bagi anda. Selamat berkarya semoga berhasil..Thnks.
www.oyi-tok.blogspot.com

Artikel terkait...


77 komentar:

perot mengatakan...

mas kalau power nya gak idup sebabnya dmn ya??
kabel listik uda saya colok tetap aja gak idup

bacalah mengatakan...

Mas perot.. Coba tes kabel power, tes fuse, dioda bridge (kuprox), kalau semua baik2 saja, tes aki, beri aki beban yang agak berat, misalnya lampu sepeda motor 12v, lihat nyalanya, terang pa redup, pa nggak nyala sama sekali, ukur dengan avometer digital, kalau ngedrop, ganti aja akinya..semoga berhasil..

Anonim mengatakan...

mas, mau tanya: UPS ku mau ganti aki tapi ko langsung konslet ya?(ledakan kecil) komponen yang di pendingin pecah,. itu kenapa ya??

bacalah mengatakan...

Coba cek Tr. Fet power, kalau rusak satu berarti rusak semua, karena transistor tsb dipararel, cek juga dioda kuprox, dioda gelas, tr triger, ic control, kerusakan tersebut karena terlalu banyak beban atau juga lama nggk dimatikan..Semoga berhasil....

Pencerahan mengatakan...

UPS ku aneh, tanpa input AC bisa nyala ada output ac buat nyalain komputer, tp kalo di pasang Input langsung mati apanya ya ko malah kebalik

bacalah mengatakan...

waaahh ni kebalik fungsi ups nya, tpi kerusakan ini pernah saya alami...coba putar vaariable resistor atau VR inverter, ukur output pake avo digital, harus pas 220 v, kalo masih tetep, ganti aja dioda kuprox, dioda charge, elco power. Semoga berhasil...

ndru_s mengatakan...

bos mau tanya,cara buat penambahan charger kalau pke aki mobil gimana ya???
tnya lagi bos prolink 1200,resistor yg didekat ic charger itu ukuran berapa ya??yg ada garis 4

Anonim mengatakan...

saya punya UPS tapi outputnya kok kecil, 155V penyebabnya apa? komponen apa yang harus diganti

bacalah mengatakan...

Bila output kurang dari 220v, ada masalah disekitar bagian sekunder, cek elco out sekunder, cek dioda kuprox, cek juga accu, kalau semua baik saja berarti trafonya yang sudah overload (kumparan sudah mengembang)...Semoga berhasil.

Anonim mengatakan...

Kenapa saya baru ganti baterei tapi lampu merah di ups masih hidup ya? Padahal sudah saya hidupkan 1 malam.

bacalah mengatakan...

coba di cek dulu batery nya mas, batery baru belum tentu baru, tes dengan avometer, kasih beban di batery....kalo batery ok, sekarang cek dioda kuprox, dioda glass, relay out ...semoga berhasil..

sidih mur mengatakan...

harga tr fet 9416 brapa mas?tks

bacalah mengatakan...

FET 9416 sekitar 20-30rb...tq

sidih mur mengatakan...

tks bnyak mas,infonya

bang anang siswo n mengatakan...

permisi mas UPS saya udah saya cek baterainya n diodanya tidak ada masalah, tpi kenapa ya kalo di kasih tegangan mesti langung mati UPS nya
demikian keluhan saya
terima kasih .....

bacalah mengatakan...

coba cek aki, kasih beban lampu sepeda motor, bila nyala redup ganti aja langsung akinya...smoga berhasil..

Anonim mengatakan...

aki ups saya tegangan tanpa beban (dilepas) cuman 8v dan 3v kira2 masih bisa dicharge tidak?

bacalah mengatakan...

nggak bisa pak...ganti aki baru saja...aki bisa di charge bila tegangan masih 11,5v..tq

Rendy cie RelovAshie mengatakan...

UPS saya gk bisa charge tapi jika aki dicharge pke charge mtor ups bisa hdp jd aki baik, jadi yg rusak pda chargenya yang rusak apa aja ya yang di cek,.?

Rendy cie RelovAshie mengatakan...

tolong gan penerangannya yang rusak pd charge itu apa aja komponen yg mati dan perlu diperiksa.?

bacalah mengatakan...

mas rendy...coba cek dioda kuprox , biasanya shot (jebol), cek juga dioda glass, oh ya lupa cek fuse acu...semoga berhasill...

Rendy cie RelovAshie mengatakan...

apakah ic/trasistor.y juga rusak yg jmlahnya 4 buah itu?? soalnya q tanya tkang servis kalo bnerin itu yg rusak dan 1 ic/trnsistornya 35 apkh bnar tau gue dibhongin??

Anonim mengatakan...

permisi mas... ups saya riello 2KVA bermasalah. biasany kuat ngangkat beban tinggi. tp sekarang cuma kuat beban separuhny saja. kira" apa yg rusak mas? jika diberi beban seperti biasa (sebelum kerusakan), upsny bunyi tiiiiiit lalu mati, kalo bebanny dikurangi tdk ada masalah namun agak berisik seperti suara lebah dalam ups. semua batereny sudah saya ganti (24 cells battery, 12V-7.2Ah), tp tetap seperti itu. saat ini didaerah saya ada masalah tegangan PLN yg drop hingga 170-180/220V.

bacalah mengatakan...

mas rendy....dioda kuprox biasanya berkaki 4...kalau ic / tr itu dah masuk dibagian power, kalau menurut aku kerusakan nggk sampai pada tr/ic power...tr/ic power kalau shot/jebol maka UPS akan mati....gd luck..

mas anonim..(kalo bisa kasih nama ya)..saya pernah memperbaiki kerusakan seperti itu...sebenarnya batery nggk usah diganti semua, kasih beban lampu speda motor pada setiap batery, liat nyala lampu speda motornya bila redup maka dpt dipastikan batery itu rusak/drop...kalau dah diganti semua ya nggk papa tapi pastikan mereknya sama, karena setiap merek mempunyai karakteristik berbeda..coba cek travo kala UPS dalam kondisi mendapat beban, bila dalam 5menit trafo panas sekali, maka dpt dipastikan trafo power drop...gulung aja di tukang gulung trafo..semoga berhasil..

mangandri mengatakan...

om maaf aku juga punya masalah sama ups ni coba utak atik sendiri soalnya ups mati total,udah dibongkar ternyata air akinya banjir udah diganti akinya udah hidup tapi kalo dikasi/dicolok ke listrik upsnya jadi mati.om itu knpa ya?

mohon bantuannya
mangandri@gmail.com

bacalah mengatakan...

coba cek fuse aki, cekdioda kurox, resistan power (biasanya bernilai 0,8 / 0,12 ohm) cek tr power, cek dioda glass....gd luck.

yudha kurniawan mengatakan...

mau nanya mas, memanfaatkan ups prolink menjadi charger accu mobil 55am gimana ya caranya? saya coba ambil kabel yg sebelumnya masuk ke accu ups, trus sy colokkan ke accu mobil yg mau sy chas, tp setelah sy tunggu 10 jam kok tidak masuk ya, masih ngedrop tuh accu mobil, padahal kalau dichas di bengkel bisa full, mohon pencerahan...tks

pamansam mengatakan...

mau tanya untuk pengganti tr cep 83A3 pada ups prolink 700pro apa ada persamaannya. kira2 bisa ngga kalo pake tr IRF Z44/TO-220, karena tr CEP 83A3 tidak ada yang jual sejogja. terimakasih

Anonim mengatakan...

mas saya punya ups ersys..600VA dengan aki 12V 4.5A dah diganti aki,..tetep ga nyala juga knp yah?

komponen sy cek ga da yang hangus. jd bingng?


kira2 apanya yang rusak yah??

komponnennya bentuknya seperti apa gt

Anonim mengatakan...

Mas saya ada masalah UPS, outputnya gak ada (Mati). Meski dicolok ke listrik , tidak ada tegangan AC yg keluar. Battery bagus. Kalau ditekan power langsung bunyi beep sekali lalu mati,

Yudi mengatakan...

Mas, ups ica ce600, saat terhubung dengan pln dan dalam kondisi power on, outputnya normal, 220 volt, tapi saat pln padam, ups ikut padam, tegangan batere 12.5 volt dengan avo digital. Saat dihidupkan tanpa terhubung dengan pln, ups berbunyi nyaring beberapa detik disertai suara relay terhubung tanpa ada tegangan ac dan padam, saat tombol power dihidupkan lagi, suara nyaring semakin cepat dan padam, seolah butuh waktu antara on sebelumnya, seolah terjadi kebocoran kapasitor, bisa dibantu komponen apa yang sering terjadi kerusakan dengan kondisi demikian. Terima kasih.

Anonim mengatakan...

Mas UPS saya 1000 KVA ..bateray 24Volt .tapi begitu inverter ON lampu overlood bat low berkedip dan dan inverter langsung mati . bateray kondisi bagus. tapi begitu di restart inverter hidup kira kira 10 detik mati lagi .kira kira rusak bagian apanya ya mas.

septian klimek mengatakan...

ups ane ica 602B udah ganti batere baru. pas di colok lampu indikatorny normal (ngecas) tp pas di ukur malah ga ada teganganny, kalo dicabut malah ada tegangannya normal 220v mas?

andre mengatakan...

UPS saya Aros Sentinel 6 2KVA. Bila di pasang ke listrik tapi belum dinyalakan, baterai nyimpan dapat arus atau bisa ngecas. Tapi ketika dinyalakan, alarm berbunyi. Output ada 223 volt. Indikator line flash. Mestinya kan solid tuh. Bisa dikatakan kalo ups online inputnya nggak ada. Output murni dari baterai hingga baterai habis. Apa ini ada konfigurasi lah atau ups bermasalah. Saya mau ubah ke bypass aja bingung. Maklum, tutorialnya berbahasa rusia dan itali. Mohon penjelasannya.

Anonim mengatakan...

Ups saya merk ica type 601B outputnya saya test pake testpen keduanya menyala. Apa masalahnya? Thanks

Anonim mengatakan...

mas mohon solusinya, ups saya merek montero m1200 matot, walapun tombol power di tekan tdk juga hidup , kira2 apanya yg rusak? thanks sblumnya

Anonim mengatakan...

mas ups supaya tahan 2jam ap bner wajib ganti pake akki yg besar ampernya. Tp masalahnya ko ups ku nyetrum ya. Kepala ku smp kejaduk meja. Kaget krn kesetrum mak nyuut

ABCmocca mengatakan...

mas ups saya prolink 1200sv baru skitar 4 bulan pemakaian, 3 bulan pertama colok terus ke sumber listrik baru sebulan terakhir ini saya cabut dari sumber listrik bila tidak terpakai, ketika saya gunakan hari ini dan listrik padam, ups tidak memback up beban lagi, ups hanya modus baterai dan bunyi alarm, itu kira" kenapa ya ??

muji santoso mengatakan...

mas mau tnya, setelah ganti baterai ups merek ica..
kenapa komputer jadi mati hidup sendiri...??
ada apa ya mas ??

Anonim mengatakan...

saya alwi:
mas mau nanya, apa ups bisa mengambil langsung listrik 12v dari coil motor yang menyalahkan lampu depan?

Anonim mengatakan...

cape ah, gue mau istirahat....

Ali Nukdin mengatakan...

numpang nanya mas saya punya ups prolink pertamanya ok2 aja mas lampunya masih hijau dan keluar strom tapi kalo sudah sampai 10 detik lampunya pindah merah dan strom nya pun gak ada gimana ini mas saya mohon bantuannya

Pulsasupermurah mengatakan...

mas kalau listrik nyala tapi ups tetep bunyi tit..tit..tit.. kaya listrik padam kira-kira kenapa ya mas ?

Anonim mengatakan...

UPS saya ICA 601B.Dgn baterai bisa hidup.Dicolok ke listrik malah tdk ada outputnya.Apa yg rusak mas ?

aan hyulia mengatakan...

mas kalo transistornya terbakar gmana ngatasinya?

Anonim mengatakan...

cape deh ga dijawab....kacian deh luh....

Anonim mengatakan...

Ini ups prolink 600va abis ganti aki baru, tp begitu dihidupkan tanpa listrik pln (batrai mode) maka bunyi tiiitt panjang sekali plus bodi ups terasa bergetar (keluar bunyi rrrrrrrr)... apa yg hrs di cek ya?

Anonim mengatakan...

mas saya mau tanya
UPS saya masalahnya beda, dia bekerja normal seperti biasa, tapi pada saat di hidupkan, maka pada colokan jantan yang harusnya tempat input tegangan dari PLN malah mengeluarkan arus juga.
lalu pada saat UPS di matikan dalam kondisi colokan jantan nya menerima arus dari PLN (seperti di cas), kok UPS nya mengeluarkan output juga yah, padahal UPS nya sudah dimatikan.
mohon bantuannya
trims

Anonim mengatakan...

Mas yang baik hati, aku punya ups imax m 600 baru ganti aki tapi pas dihidupkan bunyi alarm tidak mau mati meski sudah colok ke PLN, komponen apa ya yg hrs diperiksa? oh ya mas sekalian gambarnya ya biar lebih gampang. tq dody

TRI mengatakan...

hallo mas, salam kenal sebelumnya. mau ikutan tanya dong. kalo upsku merk apc E s500 mati total, tapi aki saya ukur tegangannya normal dan trafo juga nyambung semua kaki2nya.mohon infonya ya

boykasemax mengatakan...

hallo mas, UPS saya merk Flazer sdh hmpir 4 tahun sy menggunakan UPS tersebut untk komputer PC namun akhir2 ini ada beberapa gangguan yang terjadi : 1. pada saat lampu padam UPSnya juga ikut mati, lalu saya tes tanpa beban dan saya colok lalu hidupkan powernya kemudian sy cabut kabelnya tanpa matikan power UPS tersbut fungsinya normal. 2. Ketika menghidupakan komputer kadang UPS tidak dihidupkan/OFF tetap saja komputer nyala sehingga keliahatnnx UPS tdk berfungsi. Yang ingin saya tanyakan kira2 bagian mananya yang rusak? Terima Kasih

Anonim mengatakan...

waduuuhh.... adminny ilang Wkwkwkwkwk

rahmat djaba mengatakan...

Saya punya UPS Remington online UPS, yang sistem digital untuk warnet. akhir2 ini UPSnya ngadat biar udah dicharger tetap dan indikator layar sdh 100% tetap saja tidak bisa digunakan. mohon sharing dari rekan2 yg punya UPS sejenis

rahmat djaba mengatakan...

Saya punya UPS Remington online UPS, yang sistem digital untuk warnet. akhir2 ini UPSnya ngadat biar udah dicharger tetap dan indikator layar sdh 100% tetap saja tidak bisa digunakan. mohon sharing dari rekan2 yg punya UPS sejenis

Mukron Syahroni mengatakan...

Mas, UPS saya mati total, sepertinya habis kesambar petir. Kira-kira apanya yg rusak ya ?

adi aye mengatakan...

mau tanya mas,,waktu lg nyala tiba2 ups saya mati terus saya coba hidupkan tanpa beban tapi tidak ada respon pas tombol power d tekan,ups saya merk apc daya 400w sekarang mati total,padahal semua koneksi baik2 aj tapi arus pln tidak ada yg masuk ke dalam rangkaian ups,arus pln hanya sampai ke kabel power saja, semua komponen udah saya check dan hasilnya oke termasuk accu juga baru,tapi kata temen saya ada IC yang kebakar(katanya IC program) pi saya cari2 dgn kunci no kode IC gk ada yg jual,,kira2 apa ya menurut mas dan bagai mana cara mengatasinya..terima kasih

bacalah mengatakan...

waduhh sori teman teman telat balas semua nih hehehe..bentar tak bacanya satu satu..sabar dulu yaa

Anonim mengatakan...

Indikator ups saya mati semua meskipun di colokkan ke listrik. Apa komponennya sudah banyak yg rusak ya?

mangatas tambunan mengatakan...

UPS saya pernah jatuh dan stlh itu gak bisa nyala lagi, mohon petunjuk cara memperbaikinya Gan.. TY

AJMI HAMIDI mengatakan...

halo mas ada ups sy accu nya bagus tapi kalau kabel listriknya di lepas ups langsung ikut mati,, dmn y kerusakannya,, solusinya mas,,, makasih,,

Hendra mengatakan...

Bos mau nanya, UPS saya ICA 601B, diidupin bypass/onbatre koq output nya gak kluar,,, gmana ya???

kaza mengatakan...

mas saya punya ups VProo v600,batry nya sdh mati kemudian ganti dgn aki bsah.battry bawaan 12v 4,5ah sy ganti pake aki basah 12v 10ah.sekarang muncul masalah ketika backup jika di kasih beban agak berat(misal majicom/tv) langsung mati tp klo buat backup monitor lcd kuat lama.masalahnya dmn y mas

de pritto mengatakan...

mas, mau nanya ups power tree s650n pas dikasih input 220v kok indikator ijonya gak mau nyala ya? dan buzzernya bunyi terus (tiiitt tiiiitt tiiiitt dst), padahal habis ganti batre. kira2 apa yg rusak? terima kasih

Anonim mengatakan...

mas,tanya klo buzzer ups dilepas biar ga bunyi bs ga?

Anonim mengatakan...

Mau tanya mas, pd ups ica ce600 pd rangkaian pcb nya ada 1 ic yg digosok kode ic nya. Ic tsb berkaki 16. Mas tau ga kode ic nya? Mungkin pernah bongkar ica ce600. Ic lainnya adalah ic op-amp lm339n kaki 14 ada 3 ic. Kmdn ic tr mosfet kaki 3 irf1010e ada 4 ic. Setau saya pd semua ups ica, pasti ada ic yg digosok/dihilangkan kode ic nya. Utk ic berkaki 16 tsb kira kira apa ya kode ic nya?

gideon novendia mengatakan...

mas, klo battery 12 V , 7,0 Ah diganti dengan 12 V , 7,2 Ah bisa gak??

Anonim mengatakan...

mas mau tanya saya punya ups ica 600 dia rusak bunyi terus menerus (PANJANG) kira " rusak nya ap ya

Anonim mengatakan...

salam mas. Mau nanya nih ups saya ica ce1200 mode backup (battry) terus padahal listrik normal dan beberapa bulan ini saya gunakan dengan aki normal-normal saja. dan aki normal dan sudah saya ukur dengan beban sudah sesuai.kira2 komponen apa saja yg rusak.
Terus kalo saya mau pisahkan external charge kira2 supaya tidak tabrakan dengan charge bawaan ups nyambungnya di bagian mana dan bekerja otomatis pula. Mohon pencerahannya mas, kalo berkenan diberi pemberitahuan melalui email saya syam_site@yahoo.com. sebelumnya banyak terima kasih. Wassalam.

hudaywin win mengatakan...

Adminnya ga ada.. tapi coba deh.. UPS saya tidak bisa posisi STANDBY (colok PLN dan UPS ditekan ON) kalau standby Indikator lampu HIJAU tapi ini langsung ke MERAH (berarti Batrey bekerja untuk suply listrik kekomputer) harusnya indikator merah cuma saat PLN mati..

'Danang Sutowijoyo mengatakan...

Misi gan ada yg jual ups rusak gak ya gan

bacalah mengatakan...

maaf teman teman lama nggk on line...inti kekuatan bahkan masalah kerusakan terbesar di UPS ada pada accu (aki)...
- kalo lampu indikator gak bisa hijau bila sudah dicolokkan listri cek aki
- pake external aki charge juga bisa tapi harus diperhatikan ampere aki nya ya
- bunyi beep panjaaaaaangggg cek aki
- bunyi beep panjang kalo sudah ganti aki baru tetap saja cek dioda kuprox
ok teman teman semoga membantu...teruslah bekerja dan berkarya...gd luck

Mr.Kenstum mengatakan...

mas jika accunya di ganti dengan accu mobil bisa ga ya...

bacalah mengatakan...

bisa mas yg penting ampere nya harus sama..kalo bisa aki kering..

Anonim mengatakan...

misi mas,.. mau nanya nih ups saya Liebert GXT 3000MT+ kenapa waktu sy nyalain ngga nyampe 10 detik langsung mati padahal batreinya 100% trus ada tulisan OK lagi,.... Mohon Pencerahannya
trima kasih...

Anonim mengatakan...

ane yakin masalah ini gak ada solusinya kecuali ganti mobo, tapi ane coba tanyain semoga ada yg pernah ngalamain dan bisa ngefixnya.

masalah pada UPS ICA CT682B yaitu pada saat dihidupkan dengan kondisi terhubung kelistrik maka ups terlihat normal, tegangan output juga normal, namun setelah beberapa menit ups berubah menjadi mode backup atau seperti tidak ada listrik masuk dan tegangan output normal, jika ups dimatikan kemudian dihidupkan kembali maka ups tetap dalam kondisi backup mode(listrik masih terhubung). namun yang jadi masalah jika kita matikan untuk beberapa saat dan dihidupkan kembali maka ups normal kembali dan beberapa menit kemudian bermaslah lagi. sebagai catatan, trafo,batrai,saklar,relay,FET,trafo switching, LM317 semua sudah saya cek bahkan diganti dari kanibal UPS B yg normal masih juga sama masalah yg timbul.

mohon para senior yg pernah atau tau cara memperbaikinya bantu saya.

terimakasih sebelumya

+admin+ mengatakan...

sy punya ups prolink 2bh, masalah sama, mati total, kira2 komponen mana yg harus diganti

FIQRInote-to-public mengatakan...

saya punya ups kenika type KS600.
terakhir saya charger 2 bulan lalu. jarang di pakai stand by. 2 minggu lalu. saya coba nancepin chager hp. chargernya langsung konslet. lalu saya coba nancepin kipas angin. kipas anginna
ya langsung kluar asap dan terbakar. kerusakan apa yg trjadi dengan ups saya? dan bagaimana cara memperbaikinya. mohon bantuanny

Poskan Komentar