Cara menggunakan AVO METER

Selasa, 1 Maret 2011
Halo semua...Alhamdulillaaaah semua baik-baik saja, kali ini Mr.Otak-atik membahas masalah elektronika, kita mulai dengan cara menggunakan avo meter.
Lihat gambar dibawah
Gambar diatas adalah bentuk avometer, kebetulan ini yang merek heles, lumayanlah, tapi saya sarankan bahwa avometer yang bagus itu merek SANWA asli jepang, karena tingkat akurasinya 99% oyi-tok.
Cara menggunakannya :
1. Sebelum avometer dipakai, harus di kalibrasi sampai ke posisi 0 dulu agar hasil pengukurannya tepat dan akurat, lihat gambar dibawah



2. Untuk mengukur resistor  nilai 1k sampai 499k arahkan saklar ke posisi x1k
3. Untuk mengukur resistor nilai 10 sampai 99 ohm arahkan saklar ke posisi x10
4. Untuk mengukur resistor nilai 0,1 sampai 1 ohm arahkan saklar ke posisi x1
5. x1, x10, x1k bisa untuk mengecek kabel putus-nyambung, fuse, kumparan, spul, jalur pcb


6. Untuk mengukur Volt ac, pindah saklar ke posisi 750 vac, 250 vac, 50 vac, 10 vac (lihat kotak merah, khusus untuk ac / arus bolak-balik) untuk mengukur kondisi voltase ac rumah gunakan aja 250 vac, masukkan kedua colok avo kedalam kontak ac.
7. Untuk mengukur volt dc pindah saklar ke posisi 0.1vdc, 0.25vdc, 2.5vdc, 10vdc, 50vdc, 250vdc, 1000vdc. Contoh anda mau mengukur output adaptor printer, maka putar saklar ke angka 50vdc, kemudian masukkan colok avo warna hitam di body/ground, colok warna merah ke posisi +, awas jangan sampai terbalik lo ya, kalu terbalik bisa merusak avometer anda
8. Untuk membuang tegangan anoda  tv atau monitor, pastikan tv atau monitor dalam keadaan off / cabut kabel ac powernya, pastikan anda pakai alas kaki, lebih baik pakai sepatu, putar saklar ke posisi 0,25m dca, colokkan avo warna hitam ke body/ground, sedangkan warna merah ke anoda flback, AWAS itu tegangan yang sangat tinggi sekali, hati-hati dalam melakukannya.Pakai perasaan...hehehehe
Ok deh sekian dulu tuk posting hari ini, untuk pertanyaan silahkan lewat pos comen ya, semoga bermanfaat...have nice day..
www.oyi-tok.blogspot.com

Artikel terkait

Cara menggunakan avo meter
====================================
Otak atik tv rusak (mati)
====================================

6 komentar:

fatullah RJT mengatakan...

ok sy mengerti tpi klw tanda buzz tuk apa hayo?

bacalah mengatakan...

buzz untuk mengetahui koneksi kabel putus apa nggak...

supriadi ds mengatakan...

makasih infonya bos..

Anonim mengatakan...

makasihhh

bacalah mengatakan...

ok teman teman sama sama...semoga bermanfaat..teruslah bekerja dan berkarya...gd luck.

yusup yaris riadi mengatakan...

terima kasih infonya agan.

Poskan Komentar