Otak-atik printer ngadat bag.3 (Tulisan putus-putus / servis head)

Selasa, 22 Februari 2011
Halo semua...Apa kabar...Semangat yaaa..Jumpa lagi dengan Mr.Otak-atik..heheheee
Ini postingan saya yang ke 3 dan masih membahas masalah kerusakan printer, kali ini pasien datang dengan masalah " Mas printerku hasil cetaknya putus-pitus, tolong diservis kilat ya..mau dipakai nih". Servis kilat emangnya gue dewa petir...hehehhee...Ok deh langsung ke TKP..

Cara mengatasi :
1. Tes printer kamu (Untuk Epson) tekan tombol power bersamaan dengan tombol load paper,lepas tombol power sedangkan tombol load tetap ditekan sampai printer bergerak, setelah bergerak lepas tombol dan lihat hasilnya.Lihat gambar dibawah


2.Bila hasil cetakan seperti gambar diatas, maka bisa dipastikan kerusakan terjadi pada
   - Selang tinta mungkin ada yang terjepit
   - Ada gelembung udara didalam selang tinta
   - Catridge head perlu di cleaning

Action :
1. Cek selang tinta baik diluar maupun didalam printer, lihat dengan baik apa ada yang mengganggu jalannya tinta? bila ada segera dibenahi
2. Lihat selang tinta, didalamnya apa ada gelembung udara? bila ada ambil tindakan seperti yang pernah saya sampaikan pada postingan yang ke 2, mohon dibaca kembali
3. Bila langkah 1 dan 2 sudah dijalankan, coba tes printer dan lihat hasilnya, apabila tulisan masih putus-putus kita lakukan pembenahan pada catridge head :
Lakukan persiapan berikut ini, lihat gambar dibawah


Siapkan suntik yang ujungnya diberi selang tinta seperti gambar diatas, selanjutnya siapkan cleaner


Cleaner head beli ditoko atau agen terpercaya, maaf saya gak bisa nyebutin merek disini nti takut terkenal...hehehee...Menurut saya semua merek bagus dan sudah saya coba semua.
4. Selanjutnya lepas ink tank dan lihat apa semua tinta masuk secara merata didalam ink tank? bila belum, lakukan penyedotan tinta dengan teknik seperti yang saya sampaikan di posting ke 2, tolong dipahami yaa..
5. Bila ink tank dalam kondisi bagus dan tidak bocor, mari kita melangkah ke tahap pembersihan head. Dalam pengalaman saya catridge head gak usah dilepas, jadi lakukan saja didalam peinter dengan cara : ambil suntikan yang ujungnya dikasih selang lalu masukkan pada cairan cleaner head terus disedot sekitar 2cc saja. Setelah itu ujung selang suntik tadi masukkan ke lubang head saru persatu, tekan dengan lembut dan penuh perasaan, lihat gambat dibawah


Lakukan proses diatas dengan sangat hati-hati, tiap satu lubang cuma butuh 0,5cc saja, jangan terlalu banyak nanti cairan cleaner akan menggenang didalam mesin.
Setelah semua lubang head di semprot cleaner, geser box head ke sisi kiri dan bersihkan genangan-genangan air didalam mesin sampai benar-benar bersih.
Sekarang pasang semua ink tank kedalam box head, lakukan dengan benar dan jangan salah memasukkan warna ink tank, cek sekali lagi selang tinta,posisi ink tank,genangan air. Bila sudah siap lakukan test print dan lihat hasilnya.

Khusus untuk printer merek Canon, lakukan pembersihan head seperti gambar dibawah ini


Ada 3 cara untuk pembersihan head catridge Canon, gambar paling atas dengan cara teteskan cleaner langsung di mata head catridge, diamkan 5 menit lalu coba. Gambar dibawahnya tuang cleaner ke dalam gelas atau lepek, celupkan head catridge kedalam cleaner..Ingat jangan sampai menyentuh dasar, hanya mengambang saja didalam air dan sedikit digoyangkan. Gambar dibawahnya lagi ambil tisu kering, tuangkan sedikit cleaner kedalam tisu lalu lekatkan catridge head diatas tisu, kalau ini sedikit ditekan tapi awas jangan sampai terlalu menekan, pakai dengan perasaan...hehehhee...
Sekian dulu postingan hari ini, mata gue pingin merem nih. Kalau ada pertanyaan atau kata-kata yang kurang jelas harap dikirim ke post coment aja ya...Trimakasih...Have nice day...
www.oyi-tok.blogspot.com

Artikel terkait...

Otak-atik printer bag.1
====================================
otak-atik printer ngadat bag 2
====================================
otak-atik printer ngadat bag 3
====================================
otak-atik printer ngadat bag 4
====================================
otak-atik printer ngadat bag 5
====================================
otak-atik printer ngadat bag 6
====================================
Otak-atik printer ngadat bag 7 (mati)
====================================

5 comments:

Unknown said...

printer saya kalau buat nyetak tulisan munculnya malah 3 warna seperti print test page gimana ya bro

bacalah said...

Mas Ahmad..Maaf telat balas, karena ada job luar kota...kalau posisi nyetak keluar seperti prin test 3 warna berarti kerusakan yang pasti terdapat pada head catridge...sebelum diganti catridnya coba ikuti saran saya:
1. Lepas catridge
2. Masukkan cairan cleaner head dengan suntik ke dalam tiap lobang soket catridge
3. biarkan selama 5 menit
4. geser soket catridge ke kiri, bersihkan tinta yg tumpah dengan tisu
sekarang coba dan lihat hasilnya...semoga berhasil...

Unknown said...

printer saya epson L100
hasil printnya ga rata (terdapat spasi)

contoh kalo ngeprint kalimat "budi pergi kepasar", kalimat hasil printnya akan begini"budi per gi kepas ar"

tolong di kasih solusi apa yang mesti saya lakukan.
terimaksih
salam,

Unknown said...

Play Online

bacalah said...

mas nedi...clean head nya dengan software atau manual..kalau manual pake tisue basah, tekan pelan2 head ke tisue basah selama 10detik...gd luck.

Post a Comment