Servis printer dot matrix (macet,pita robek)

Jum"at 4 Maret 2011
Salam bahagia...Semoga selalu enjoy dan tetap semangat...Masih bersama saya Mr.Otak-atik  hehehe...
Kali ini kita akan membahas tentang printer dot matrix dengan masalah macet disertai pita robek. langsung aja ya..

Cara mengatasi
1. Cek kondisi printer
2. Cek silinder head
3. Cek ribbon mask 
4. Cek ribbon driver
5. Cek motor vertikal atau motor steper
Pada umumnya, printer dot matrix di Indonesia masih didominasi merek Epson, karena merek ini memang sudah menjadi primadona di negri ini, karena didukung spare part yang banyak beredar di toko-toko penjual part.

Action
1. Sebelum membongkar printer, bersihkan dulu printer dari debu, kotoran atau benda asing yang menyangkut disela-sela mesin. Bila sudah bersih, kasih minyak singer pada silinder head atau besi panjang yang menempel pada head, geser ke kiri dan kekanan dengan memberi minyak singer di sela-sela silinder head, setelah dirasa cukup lancar, sekarang coba tes print. oh ya jangan lupa coba cek ribbon mask yang letaknya didepan head, dengan cara lepas head, cukit ribbon mask dengan pinset, coba amati lubang segi empat, bila lubang melebar atau cacat, ganti aja ribbon masknya. lihat gambar dibawah


2. Setelah langkah 1 anda jalankan, kerusakan masih tetap saja, sekarang coba amati dengan teliti bentuk fisik silinder head, apa terdapat goresan-greesan kasar, karatan?? kalau ada segera bongkar mesin, ambil silinder head, gosok dengan kertas gosok kertas yg agak kasar sedikit, ingat?? waktu menggosok silinder, teteskan minyak singer pada silinder dan kertas gosok, kemudian gosok secara perlahan tapi pasti (pakai perasaan..hehehe).Setelah dirasa cukup, pasang kembali dan coba tes print, bila kondisi silinder mengelupas atau berlubang maka silinder harus diganti
3. setelah langkah ke 2 anda jalankan, kerusakan tetap saja, Sekarang coba cek ribbon driver yang letaknya disebelah kiri mesin, ribbon driver ini kumpulan gear kecil yang kerjanya membantu menggerakkan tali head, bila salah satu gear ribbon ini patah atau mata gearnya sudah halus, maka dapat dipastikan ribbon driver tidak dapat bekerja secara baik, yang mengakibatkan printer macet, dan pita robek.  Ganti ribbon driver atau gear yang sudah rusak dengan yang baru, dan sekarang coba test print.
4. Kalau langkah ke 3 sudah dijalankan, kerusakan tetap saja, sasaran selanjutnya adalah pada motor vertikal atau motor steper, motor steper ini penggerak dari head sesuai perintah dari ic pengolah data, kerusakan motor ini biasanya ditandai dengan bunyi bip dan led berkedip-kedip. Bentuk motor steper lihat dibawah


Prinsip kerja dari berbagai merek printer dot matrix sebenarnya sama saja tergantung penempatan komponen mesin dan elektronikanya, kerusakan macet pada printer dot matrix biasanya sederhana saja, seperti kurang minyak, banyaknya kotoran yang menghalangi jalannya head dan motor penggerak dsb. Langkah-langkah diatas adalah bentuk dari pengalamanku selama ini dalam memperbaiki printer macet, bila ada pertanyaan mohon dikirim lewat post coment, Sampai jumpa lagi pada postingan saya selanjutnya, terus berkarya dan semoga berhasil.Thnks.
www.oyi-tok.blogspot.com

225 comments:

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 225   Newer›   Newest»
Wha_one said...

saya mempunyai kendala pada printer
SARTORIUS YDP03-OCE
EPSON dot matrik
D09-96.15
V2.31
Yaitu pada head ada 8 buah jarum yg berfungsi u/ mencetak 24 huruf pada setiap baris,
yang jadi pertanyaan saya 1 jarum u/ cetak 3 baris pertama sebelah kiri tidak keluar, setelah saya cek ternyata jarum tidak memukul ke pita sama sekali dan kotoran tidak ada yg menghambatnya.

Contoh hasil cetak:misalkan
123456789abcdefghjklmnop (tercetak penuh)baik
456789abcdefghjklmnop (tercetak sebagian)rusak

mohon share pengalamnya ato hub.
wha.one_1@yahoo.co.id

Wha_one said...

Contoh hasil cetak:misalkan
123456789abcdefghjklmnop (tercetak penuh)baik
...456789abcdefghjklmnop (tercetak sebagian)rusak

bacalah said...

Halo mas wha_one, saya pernah mengalami hal tersebut, Pertama: Coba lihat setelan cylinder head, lihat rotari plastik disebelah kiri dan kanan pada cylinder head,coba amati dg baik apa posisi jarum rotari menunjukkan setrip yang sama?? kalau beda jauh coba setel rotari cylindernya. Kedua: coba cek kabel head (lihat bagian bawah kabel, apa ada yang terkelupas plastik pelindung tembaganya?? kalo ada solasi dibagian yang terkelupas tadi atau solasi body yang ada dibawah kabel head, kalau masih tetap kerusakannya, ganti aja kabel headnya. Ketiga: Lepas jarum headnya, coba samakan satu dengan yang lainnya, semua panjang jarum harus sama, kalau jarum masih ok langkah terakhir adalah ganti spul head. Semoga bermanfaat...

Wha_one said...

setelah saya cek 8 pin head tersebut mengeluarkan tegangan dengan cara saya beri led dan nyala. tetapi hanya 1 pin yg tidak nyala.
setelah saya cek lagi kabel maupun sambungan tidak ada yang terkelupas. apakah kerusakan terletak pada program printernya..??

bacalah said...

waahh..Baru kali ini ngetes jarum paki LED, tpi bagus juga tuh ide anda, karena tegangan yg dikeluarkan skitar 1-2vdc. Kalau salah satu jarum head tidak bekerja, berarti keusakan terjadi pada
1. Spul head mngkin putus (tes dng avometer)
2. Kabel head mngkin putus nyambung
3. Tr / ic head (urut saja dari kabel head yg menuju tr atu ic head, kalau masih pake tr coba tes dng avometer, biasanya bertipe darlington, bandingkan aja gerak jarum dng tr disebelahnya. Kalau pakai ic, ganti langsung aja ic nya.
oh ya, kalau spul head tdi putus, brarti ada kerusakan di tr atau ic head. Kerusakan ini tidak sampai mengarah pada ic pengolah data atau microprosesornya..Semoga membantu..thnks.

Anonymous said...

mas aku punya kendala pada printer dotmatrix type Lx2180 yang gak mau buat ngeprint...padahal udah ku cek LPTnya gak pa2....

mohon pencerahannya mas,mengenai masalah printer dot matrix Lx2180 yang gak bisa buat ngeprint...

TQ..

bacalah said...

Lq 2180 memang sering sekali mengalami masalah, bila printer anda tidak conect atau tidak mau ngeprint coba ikuti langkah saya:
1. masuk ke menu printer lq 2180, klik 2kali, coba amati apa ada file yg belum di print?? kalau masih ada del saja file2 yg ada di situ, refresh..
2. kalau langkah 1 tetep saja, coba Install ulang driver printer anda
2. masih tetep saja, Cek kabel LPT (kalau dirasa mencurigakan ganti dng yg baru saja)
3. kalau masih tetap saja, maka ganti ic 74ls86 di board printer anda, ic ini adalah ic TTL berfungsi sebagai penerjemah dari komputer ke printer...semoga berhasil..

dandy said...

Mas,. saya ada masalah dengan printer LQ 2180, yaitu kadang kala lampu indikator nyala semua, kemudian printer mati sendiri,. setelah di diamkan beberapa hari, lancar kembali,. trs dipakai untuk kembali lampu indikator nyala semua, kejadian ini berulang-ulang, apa yang harus sy lakukan?

bacalah said...

Masalah ini pernah saya alami, coba cek pada bagian mesin, bersihkan mesin dari semua kotoran, kasih minyak singer di cylinder head, geser head ke kanan / kekiri, cek soket kabel head, coba lihat apa kabel head ada yang terkelupas?? kalo ada ganti saja kabel headnya...semoga membantu ya..

Anonymous said...

maf mas saia tertarik nih sama printer dot matriks... hehhe

mau nanya kalo printer lq-1170 waktu lagi ngprint kadang suka nyangkut di pingir mas trus bunyi suara krekkkk trus dyem ga keluar hasil printya.

knpa ya masss kndalai di bagian apa aja yah mas..

sebeleumnya makasih mas.

bacalah said...

Coba amati cylinder head, bila kotor atau berkarat kasih minyak singer, cek juga ribbon driver, geser head kekiri dan kekanan, apa pita ikut berputar, kalau tidak berputar ganti saja ribbon driver nya...semoga berhasil.

Anonymous said...

Mo tanya Mas kemarin printer dot matrik saya nyangkut di rol sampai rol nya luka, setelah saya otak-atik bisa lancar . cuman ngeprintnya jadi ndak jelas gitu dan berulang ulang
gimana ya ngatasinya?

eko said...

mas, saya ada epson lq-1170 hanya mau mencetak 2 baris kemudian berhenti dan kertas dikeluarkan seperti perintah cetak selesai. kenapa ya?

Keluargaku said...

salam kenal mas aku ada printer lx 300+ setiap di hidupkan printer langsung ngeprint sendiri sampai 3 lembar kira2 apa nya ya mas yang rusak

bacalah said...

bila lq1170 muncul kerusakan seperti itu ganti saja ic ttl 7486...

lx 300+ ngeprint sendiri, coba dicek di menu printer,klik menu printer, bila ada data p[rimt yang ada hapus semuanya, skrg coba di test print...semoga berhasil.

Anonymous said...

ms.saya ada lq2180 kalo buat negprint kadang ribonnya molor sendiri dan ga mau muter,bagaiamana penyelesaiannya ya mas..
sebelumnya terima kasih.

syawall said...

mas, epson lq-2170 sya tidak mau mencetak tetapi head jlan dan posisi kertas ready dan sya sudah gnti smua kbel pwer dan usb. kenapa ya?

syawall said...

ralat : kabel LPT1

bacalah said...

Untuk lq 2180 bila kabel pitanya molor :
1. Cek Ribbon mask, jika lubang ribbon mask cacat maka ganti dengan yang baru
2. Cek Silinder head, beri minyak singer pada cylinder head
3. Cel Ribbon driver, jika terdapat gear yang sudah aus, ganti gear ribbon dengan yang baru...
Semoga berhasil

bacalah said...

Untuk Mas Syawall, Bila head sudah dalam keadaan jalan atau bekerja tapi tidak keluar tulisan, coba cek pita (lihat apakah sudah habis / berlubang), ganti pita dengan yang baru..
Bila tetap saja maka ganti kabel head dengan yang baru...
Semoga berhasil.

Berita Aktual PSMS Medan said...

halo ganz.. salam kenal dulu. ane newbie ni maslah dot matrix.

kenapa sering sya alami ketika mau ngeprint selalu ada tulisan DOCUMENT FAILED TO PRINT....bla bla dst.

selama ini ane solusinya ya terpaksa ganti PCI Card LPT-nya (ga make yg on board lg). kira2 masalahnya apa ya gan.. utk Printer portnya ane udah samakan (dgn yg didevice manager dgn di priter propertis. sama2 di port LPT 3)

mohon bantuannya juragan :D

bacalah said...

Bila keluar tulisan document file to print, solusinya :
1. masuk ke menu printer, klik 2kali, coba amati apa ada file yg belum di print?? kalau masih ada del saja file2 yg ada di situ, refresh..
2. kalau langkah 1 tetep saja, coba Install ulang driver printer anda
2. masih tetep saja, Cek kabel LPT (kalau dirasa mencurigakan ganti dng yg baru saja)
3. kalau masih tetap saja, maka ganti ic 74ls86 di board printer anda, ic ini adalah ic TTL berfungsi sebagai penerjemah dari komputer ke printer...semoga berhasil.

Anonymous said...

bos aku mau tanya aku nemu malah dengan printer epson lq2180 waktu ngeprin dia mau sampek selesai tp pas terahir kertas nya keluar tp lampu led nya nyala semua,harus di mati dulu baru bisa stenbai lagi, tp kadang dia ngeprin setengah lampu nya nyala semua kedip2, kira ada solusi gak ya kerusakkan nya di mana, gue pakek kabel usb -lpt
tolong solusi nyaa ya trima kasih

caesar_atb said...

halo mas,, mau tanya nih,,sy punya printer dot matrix IBM,biat ngeprint baru 10 baris, pitanya udah macet,,jd harus sering ganti pita,,kira2 ada solusi lain mas?? terima kasih

Bandar Toner Refill said...

hello mas, salam kenal ..mohon dibantu,, sya ada kendala dengan LQ1170. hasil cetak terlalu jarak antara baris 1 dan ke2 ada sekitar 1cm. mohon pencerahannya..trimakasih sebelumnya.

bacalah said...

1. lampu led nyala semua waktu ngeprint coba cek ic bios (ganti langsung ic nya)
2. printer ibm pita macet coba cek head sink, bila tergores ganti aja, cek juga roda ribbon driver..
3. hasil cetak baris 1 dan 2 terlalu jauh? coba cek gear vertikal (gear besar), cek juga motor vertikal...semoga berhasil.

Anonymous said...

gan mohon pencerahan ketika printer LQ 2180 sedang ngeprint (setengah kertas) kemudian berhenti lalu hiduplagi mengulang hasil ngeprintnya gimana solusinya..Gan?

Anonymous said...

lam knal gan . . . sy ada masalah sama printer LQ-1170 dot matrix , hasil printer normal cmn kertasnya lompat2 . . . jd stelah ngeprint beberapa baris langsung lompat ke kertas berikutnya [printer buat nyetak tagihan listrik dan telepon / PPOB]. .. makasih solusinya gan

tio

Unknown said...

salam kenal gan.....saya punya problem pada lq2180, klo dimasuki kertas tuh kertas numpang lewat aja sembari beep 3kali.
mohon pencerahannya gan

bacalah said...

1. LQ 2180 ngeprint berulang-ulang coba cek, motherboard, apa terdapat korosi?? kalau ada bersihkan dengan tiner super...
2. LQ 1170 kertas lompat lompat, cek cylinder head, cek kabel gear penggerak head, bersihkan semuanya...
3. LQ 2180 kertas numpang lewat, cek sensor kertas dibawah mesin, dengan cara lepas mekanik mesin, sensor berada dibawah roler besar...
semoga berhasil...tq.

alex said...

mas numpang tanya, ane punya lq-2180, jadi setiap print, waktu awal masukin kertas kan printer head suka bolak-balik tuh, nah waktu bolak-balik suka nyangkut di kertas, kadang sudah setengah halaman kan suka ke pojok kanan printer headnya pas balik pasti kertas yg ada di pojok paling kanan pasti ada yg robek, kadang jadi macet di ujung kertasnya. nah ini yg rusak apanya ya ? apa ribbon masknya bisa menyebabkan hal ini atau ada hal yg lainnya ? untuk buka head printe?rnya gampang atau susah sih

bacalah said...

Mas alex...kerusakan bisa terjadi pada ribbon mask, ganti aja dng yng baru..kalau masih tetap saja, cek sink dibawah roler (bantalan roler) bila sink bengkok ganti dng yg baru...semoga berhasil..

Anonymous said...

Mas.. printer ane LQ 2170..kalau ngeprint, pita printernya bekerut seperti tergores..trus jadi stop ngeprint...
saya liat lempengan di head nya berlubang, tapi bentuk lubangnya sudah tidak bagus...
lempengan itu emang berlubang kian kah?
apa ada di jual lempengannya saja?

bacalah said...

Kalau kerusakannya seperti itu maka ganti saja ribbon masknya, itu memang berlubang, tapi kalau sudah melebar harus digabti...semoga berhasil..

Unknown said...

Pagi, ,
mau tanya nich, printer dot matrik saya hasilnya bagian yang kanan itu tulisannya jadi dobel, terus juga tidak rata. kira2 kenapa ya bisa seperti itu? dan bagaimana solusi untuk penangannya. tks

bacalah said...

Pagi juga mbak rizki Maria...Sekarang Coba :
1. kasih minyak singer di cylinder head /besi panjang yang menempel pad head.
2. kalau tetap saja, setel kontrol rotari sebelah kanan (samakan posisi pada sebelah kiri.
Letak kontrol rotari persis disebelah kanan atau kiri cylinder head...
semoga berhasil...

Anonymous said...

Salam Kenal, saya mau tanya, saya menggunakan printer Epson LX 300, dan menggunakan kertas continous form, dan kertas sering macet, sehingga bunyi kreek, kalau kita betulin kertasnya mau lagi, jika print banyak pasti macet, mohon informasi bagaimana cara memperbaikinya

Unknown said...

SAlam kenal mas,
saya saat ini menggunakan LQ 2180, masalahnya hasil printnya hilang beberapa huruf/angka tapi hasil printnya normal... itu maslahnya apa ya mas??? terima kasih sebelumnya

bacalah said...

1. LX 300 bila pake continous form, setel posisi kertas di angka 2-3,
bila sering macet kertasnya, ganti head sink dan sink cylinder...
2. Mas Asep..LQ 2180 print hilang beberapa huruf, coba cek pita dan head (lepas head dan coba amati jarum head, bila tidak rata posisi jarum head maka head harus dibongkar & ganti jarum yg tumpul dng yang baru...Semoga berhasil.

Dead Man said...

Salam mas,
saya ada printer LQ-2180 dgn sistem operasi Ubuntu. Untuk kabel nya ke komputer pakai LPT to USB,krna di komputernya tidak ada port serial. nah printer itu kalo dipake untuk ngeprint,cuma mau sekali aja mas. Abis sekali print,dia ga mau lagi dipake buat print..harus dicabut dlu kabelnya ato restart komputer. Itu kira2 knapa ya mas?

Terima Kasih,

bacalah said...

kerusakan pada ic bios...ic bios di clear atau diganti baru saja mas...semoga berhasil...tq

weLcoMe!!! said...

Mas baru ketemu langsung kena maslah ni...
Printernya EPSON LQ-2170.
maslahnya hasil cetak gk jelas...samar
padal udh diganti pita hasil kanibal pnya tetangga
(pita ready)..
trus gmna solusinya ni?
thks

bacalah said...

mas welcome...kalau pita dah diganti baru berarti kerusakan pada head, terutama pada spul head dan jarum head yg dah mulai tumpul...kalau kerusakan pada head bawa saja ke ahlinya...atau bawa saja ke rumah saya hehehee....smoga berhasil..

teknisi newbie said...

Salam kenal Mas,
printer LQ-2170 di kantor sya, tiba2 gk mau ngeprint padahal kbel LPT nya sdah di ganti dan bru saja sya bersihin ktoran ma debu nya.
udah gtu, si head posisi nya di kanan terus.
thank's....

bacalah said...

coba cek cylinder head mungkin sudah aus...cek juga motor steper...gd luck

Anonymous said...

hasil cetakan muncul

284.4
@EJL

dipojok kiri atas.
gimana cara hapusnya y trims

Yazid said...

Terima kasih gan, berguna bagiku yg masih belajar service komputer dan printer

mustdave said...

mas printer lq 2170, lq1170 hasil cetak loncat.
jadi kan memakai kertas continues.. misalnya mencetak 2 halaman, jadi yg keluar setelah halaman 1 tercetak, dia ngerol 1 lembar kosong, baru mencetak halaman ke 2, gigi rasio rollernya baik semua, kira2 knpa ya mas??

Unknown said...

sore mas, mslh saya ini, hasil print sering tertimpa pada beberapa bagian (acak) printer epson LQ 2180, terimakasih atas bantuannya

bacalah said...

1. 2844 adalah kode eror pada bios...clear bios atau ganti dng yang baru..
2. Hasil cetak loncat 1 halaman berarti ada masalah pada bios...clear bios atau ganti dng yang baru..
3. lq 2180 acak berarti masalah pada roler cylinder, buka roler cylinder & bersihkan, kalau memang dah gak rata ganti aja ya...gd luck semuanya....

Irwanto said...

mas.kl pita nya turun sendiri (lx300+II) itu knp ya? jadi waktu print ngak kena pita nya
tq

bacalah said...

mas irwanto, kalo kerusakan seperti itu ganti aja ribbon mask nya dijamin langsung lancar jaya he hee...gd luck.

kriznawijaya said...

kalo head jalan sebelah kiri lalu bergetar seperti suara gear rusak,pdahal gear udah dganti baru semua, kerusakan ditambah bunyi beeb 5x dan lampu led menyala,knapa yah?mohon pencerahanya??makasi

Unknown said...

Mau tanya mas.printer kantor pakai lq 2180.kalau dipakai print documents word atau excel itu normal hasil print bagus.tapi kalau pakai program gaji atau kwitansi kok hasilnya bisa lompat2 tulisannya.kadang malah ada yg hilang hurufnya ganti sendiri.tp kalau ganti printer yg lain normal2 aj.brarti kan sofware g ad masalah.itu bgmn solusinya?terimakasih banyak.

Anonymous said...

Mas mau tanya kalo printer lq 1050+ narik kertas tidak sempurna ( tdk penuh / separuh ) utk kontinuos form gmn solusinya...saya sdh utak atik..tdk ketemu juga.terima kasih

Anonymous said...

Mas, ... mohon pencerahannya!!!
Saya kalo cetak di Epson LX 300 kok selalu ada angka 2 nya, gimana cara ngilangin angka 2-nya itu ya ..., trimakasih atas pencerahannya

Bios said...

gan permasalahan ane sama dengan mas irwanto ya
ribbonnya tiba2 turun sendiri jadi tidak bisa kena(lx-300)

kemudian agan reply dengan "ganti aja ribbon masknya dijamin lancar"

nah apa itu ribbon mask dan bagaimana cara menggantinya ?

Anonymous said...

Hallo mass, mohon pencerahan....
LQ2180 saya klo buat cetak jalan normal, tapi hasilnya gak isa dibaca, kayak tulisan rahasia,
gimana itu kira2 mass...
tq

Harri calm said...

klo untuk printer oki type ML 3410 display nya hanya power dan alarm saja..kira2 kenapa ya oom..?? mohon bantuan nya..soal nya di tempat saya bekerja banyak printer dotmatrik merk OKI.

bacalah said...

kriznawijaya : bersihkan cylinder head & beri minyak singer, geser ke kiri dan kekanan...
Mibras Almair : ganti aja ic bios..gd luck.
Bios : ribbon mask terletak didepan head, fungsinya menstabilkan pita agar tidak goyang..cara gantinya : buka head, angkat ribbon mask pake pinset, pelan pelan aja ya...gd luck.
Harri calm : OKI ML 3410 ini memang beda cara kerja dari printer lain buatan jepang...coba cukit ic bios..hidupkan printer & matikan lagi..pasang ic bios..coba...gd luck.

bacalah said...

mohon kalau posting di komen pake nama ya..bukan anonim..hehehe..tq.

Santri Lasem said...

minta tolong gan,
ane pake mini printer star sp700, kenapa hasil print out dg print preview beda, kadang hilang satu huruf kadang tidak rata alias melenceng kekanan.. kira2 apanya gan, saya sudah coba instal ulang driver tapi gak ada perubahan

Unknown said...

mas cara clear bios itu gimana..

Anonymous said...

salam kenal mas,
minta pencerahannya mas. printer saya lx-300, kendalanya pas dihidupkan printer muter terus gak berhenti2 selama ada kertas ....

Ahmad MUlyana said...

salam kenal mas,
minta pencerahannya mas. printer saya lx-300, kendalanya pas dihidupkan printer muter terus gak berhenti2 selama ada kertas ....

TAZMAN GROUPS said...

hasil cetakan muncul

284.4
@EJL

dipojok kiri atas.
gimana cara hapusnya y trims
--------------------------------------
Jawabnya : Ganti Drivernya dengan Epson Epson LX-1050+ Tested
Semoga Bermanfaat

wawan said...

salam kenal mas....
Saya punya maslah dgn printer lq 1170,ketika di hidupkan hanya lampu powernya yg menyala,sementara lampu indikator yg lain tidak menyala,dan kertas tidak mau masuk.Gimana mas solusinya ya?

Unknown said...

salam kenal mas,,,
Saya punya printer LQ-2190 ketika pertama dinyalakan bunyi BIP 5x lampu semua kedip-kedip itu knp mas....
mkasih mas

bacalah said...

santri lasem : hilang huruf cek head, kabel head..tulisan melenceng kekanan cek cylnder head (lumasi dng singer)
agus purnama : clear bios pake program clear bios, cara manualnya cabut ic bios, hidupkan printer sebentar , matikan printer trus pasang ic biosnya.
ahmad mulyana : cek sensor kertas, bersihkan dng penyedot debu..cek juga si bantalan roler mungkin ada benda asing yg menyangkut.
tazman group : mantap sam..
wawan : cek output power suply ukur dng avometer, cek juga motor steper.
nden flabergast : geser head ke kiri kekanan bila terasa berat lumasi dng singer...
gd luck all..

i'm said...

saya punya printer lx 800, setelah beberapa kali d pakai, hanya lampu power nya aja yang hidup, yang lain mati, dan printer pun ga mau jalan, tolong solusinya gan????

Unknown said...

Mas saya mau tanya ni
saya punya masalah dengan printer epson lq 2180
printer saya roda penarik kertasnya 2 detik sekali dia mutar terus. mohon solusinya mas... terima kasih sebelumnya

Unknown said...

Halo bos, mohon Pencerahan ny..
Printer kantor sy Merk (oki) Microline 1120 plus, setiap ngeprint selalu muncul cetakan..

@EJL 1284.4
@EJL

Maklum baru prtama kali sy nemuin kantor yg pake printer merk ini, krna sy sdh terbiasa pke EPSON..

Mhon petunjuk ny bos, bwt memusnahkan huruf2 trsebut.. (PC Win XP)

Klo boleh, Request jwbn by mail ya bos..
Trim's

ianwaluyo9788@gmail.com

FeRrO SiX NeT said...

mas saya punya printer oki 5320 II masalahnya printer lampu indikator nyalah semua lalu mati,printer tidak bs digunakan,jk kabel dicabut lalu dipasang kembali lampu indikator/led semua nyala lalu mati lagi...tolong pencerahannya mas?..thanks.

Unknown said...

saya mempunyai kendala pada printer LQ 2180, dimana pada saat dihidup kan, head printer bergerak ke kanan dan kemudian macet di pinggir, kira2 masalahny apa ya pak ?
mohon informasi dan bantuanya.

terimakasih. :)

Anonymous said...

BOS ANE DIMAS
mau tanya kalo printer lx 300 , hasil cetaannya ada garis putus - putus kesamping tu kenapa ya boss

Anonymous said...

gan saya mw nanya nih...
sya di rumah punya printer epson LX-300+
lampu nya kedap_kedip terus.
trs klu print gak bisa di documen nya tertulis paper out.
klu sya matiin trs di pijit piuse lama trs di hidupin lgi tu printer tanpa di komando ngprint sendiri, abis tu kaya gitu lagi gan....
tolong pencerahan nya gan...
maturnuhun sebelumnya.

klu boleh lewat email ya gan jawab nya.

firmansyah2124@yahoo.com

Anonymous said...

mas, mau nanya. printer d kantor (LQ 2180) selalu ngeprinnya numpuk d tulisan yang sudah d print, sehingga hasil tulisan tidak bisa d baca. masalahnya dimana yah?? saya print pake kertas continus


edhir

Unknown said...

mas mau tanya bagaimana caranya supaya pita bagian atas dan bawah bisa terpakai semua, jadi ndak hanya bagian tengah saja (untuk LX800) terima kasih. Afwan-Jember

Kmay Ythie said...

Mas Mau tanya dikantor ada Printer Epson LQ-2190
kalau untuk print yg banyak garis kertasnya jadi sobek pas digaris-garisnya..
Kenapa ya..
Untuk garis horizontal.
Mohon pencerahannya
Terimakasih

saya bertanya said...

Mas,
kl mau kursus service printer dot matrix di bandung ke siapa ya? Apa mas bisa kasi pelatihan? SMS only ke 08 2121 98 7979. Thx.

nunu

steven said...

mas jika printer 2180 pitanya molor waktu mencetak kenapa y mas!

Anonymous said...

min, saya kan habis instal ulang winxp, stelah itu instal printer saya epson LX300
tapi knp ga mau ngeprint ya?
untuk tanggal sama jam udh bener kq
jadi masalahnya dmn kira"?
terima kasih

Anonymous said...

saya mau tanya..ada yang pernah ngalami ga kalo printer LX300+II ngeprint hasil yang berbeda dengan previewnya? jadi sebelumnya udah ngeprint, nah pas print yang baru dia malah ngeprint dokumen yang sebelumnya (di print job nya kosong).
trims..

Unknown said...

saya mau tanya...,printer lq300+ii kator saya..,waktu untuk ngeprint hasilnya numpuk2...,setelah itu....,lampu indikator mati semua...,tapi di komputer tulisannya ready...,itu kenapa ya?

Kuswoyo said...

Mas kalau Printer LX300+ itu hasil printingnya keluar bahasa mesin solusinya gimana ya? Thank's sebelumnya

Anonymous said...

Pencerahanya donk Mas..Lx 300 di kantor saya pita ribbonya g berjalan,pemutarnya sepertinya g berputar menarik pita..kira2 apayg di perbaiki y?

Unknown said...

salam dotmatrix gan..mau tanya pake lx800, tak buat ngeprint lewat pc ndak normal, berhenti, dan huruf berubah kecil dan besar. tap klo test print lgsg di tombol printernya lancar dan hasilnya bagus..mhon solusinya? suwun.

rangga said...

Mas...nanya..printer hp lq-2180 saya..kok tiba2..gak mau narik kertas..ya..lou buat ngeprint bisa..kertas di puter manual ..bisa..apanya..ya..kira2..penyebabnya..
Terima kasih sebelumnya...

Unknown said...

mas saya bener2 newbie niih ,,
mw tanya mas , saya paki epson LQ-310 tapi kuk gak keluar gambarnya ya mas ,, mohon pencerahannya ?

bacalah said...

sabar teman teman tak bacanya satu satu..sori lama nggk on line heheh

Unknown said...

mas mohon pencerahan...
printer sy Lx 300+II kalo ngeprint hurufnya pada mepet dan sedikit tumpang tindih hal ini terjadi pd saat ngeprin di aplikasi jualan online
matur nuwun...

zainal said...

gan mw tanya epson lq 2170 koc habis di pake lampu indikator nyala kedip2 semua ya mohon penjelasanya?

Aji Xaviermarks said...

mas mau tanya, printer saya epson LQ-2180, waktu mau print pakai kertas Continous form, hasilnya kok loncat ya, misalnya dari hal 1 langsung ke hal 3, sebelumnya normal, mohon bantuannya, trimakasih

Unknown said...

GAN mau nanya , saya punya print LQ-2180
Kalo dibuat ngeprint kertasnya itu mondar mandir.
naik turun trs.
Mohon pencerahannya GAN.
Kamsiaaaa

pemuteran said...

gan ane ada problem sama printer lx 300 . printernya ngeprin terus padahal sudah cabut kabel usb tp tetep dia ngeprin terus... dan yang di prin kode huruf dan angka...

Anonymous said...

Bos, Masalah pada dotmetrik saya rada-rada gimnaaaa gitu :D. Masalahnya ada apa saat ngeprint table. Kira2 baris pertama s/d baris 6/7 itu normal... nah.. giliran baris berikutnya, colom menjadi tak beraturan alias (gejlog)

Tes Print :
0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 <-- good
0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 <-- good
0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 <-- good
0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 <- Bad
0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 <- Bad
0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 <- Bad

Solusinya gimana kalo begini bos ?

Unknown said...

Gan, mau tanya jika printer LQ 2190 pada saat di nyaalakan bunyi beep 5x kenapa ya? sudah saya geser kekiri dan ke kanan tidak ada yang tersa berat...

Unknown said...

mas mau tanya... sy punya print LQ 2180...kalau digunakan untuk ngeprint
muncul keterangan "This Document failed to print...
mhon bantuanyan,,,
terima kasih

Unknown said...

mas saya ada printer LQ1170,
waktu diprint lancar2 aja. tapi klo print lewat program dos kenapa yang seharusnya garis2 malah berubah jadi 000000 itu kenapa ya ??

Unknown said...

Haloo salam kenal mas.......
Saya jhoni mas,mau minta pencerahan nich
Saya punya printer LQ 1170, masalahnya kalau ngeload kok kertasnya gak mau keluar ke belakang eee malah terus kedepan " makasih" sebelumnya Yaa......
Mohon kementarnya @ jhonlagas10@gmail.com

Unknown said...

salam cetak, mas kita ada lx-800, carriage headnya mentok ke (gear ribbon) atau ke sebelah kiri, ga mau balik lagi ke ke-kanan, ane dah coba ganti motor carriage, masih gtu juga, mohon bantuannya om...

Unknown said...

mau tanya gan, tuk epson LQ2190, lampu indikator semuanya nyala terus, dan tidak bisa berfungsi sama sekali, jadi mohon pencerahannya gan.. terimakasih.

Unknown said...

MAS inventer saya rusak gara gara salah posisi min Plusnya, bagaimana cara memperbaikinya.....

Anonymous said...

mas printer LX300+II saya tidak mau menarik kertas malah lampu merah berkedip, apakah kiranya yang rusak... tolong di bantu

Unknown said...

mas, saya punya printer dot matrix, rusaknya tu.., kalau dicetak, hasilnya tulisannya itu setengah , apa yang rusak ?? solusinya apa??

masea said...

Alow mas...
Kalo Printer LQ 2180 atau 2190 sering rusak Ribbon mask-nya kira2 kenapa ya mas ?

Terima kasih,

bacalah said...

maaf teman teman lama nggk on line nih...
ok lah sudah saya baca keluhan umum printer dot matrix lx, lq, dll..inti dari semua kerusakan ada pada mesin yg sering kotor, perlu pelumasan pada cylnder head, kabel head putus nyambung..
- lq sering rusak ribbon mask coba cek head (jarum ada yg tajam)
- tulisan setengah cek kabel head
- lx tidak bisa menarik kertas cek sensor kertas
- lq lampu indikator nyala terus cek mesin (motor steper, head, bila semua baik saja coba cek bios / clear bios)
- lx 800 gear ke kiri terus cek cylinder / kasih minyak singer
- lq posisi kertas nggk bisa disetel depan belakang cek gear box
ok teman teman semoga membantu...gd luck

Anonymous said...

mohon pencerahannya mas, saya denmas ageng mau nanya soal monitor LG 505 yang indikatornya kedip2 terus tidak mau nayala layarnya

REGEN IDINATA said...

Mas numpang tanya Bagaimana cara melepas jarum Head printer epson lx300+ Bisa gak dijlaskan dgn gambar

Anonymous said...

MAS PRINTER LX300 KLW DIHIDUPKAN LANGSUNG MACET KE KIRI, APA MASALAHNYA YA

Asep said...

Mas oyi, thanks ya buat sharingnya.

maw tanya nih, kalo printer lq-2180 hasil print nya tidak rata (jika garis vertikal seperti ada yang terputus), padahal udah ganti head print dan coba dibersihkan.

Makasih ya mas atas jawabannya :)

Unknown said...

saya arie
saya mau tanya kalo printer epson LQ-310 indikator lampu pause nya nyala sendiri itu bagaimana solusinya? terima kasih

Anonymous said...

Maaf mas. Mo nanya. Kalo hasil printer epson LQ 200 lebih kecil dari ukuran aslinya walaupun printer propertiesnya udah diganti biasanya kenapa ya?

Anonymous said...

Misi kang ,
Mau nanya kalo Printer Epson LX-300+II dipake ngeprint lebih dari 5 lembar pake kertas continuous yang 3&4 rangkap , kertas nya selalu ngelipat didekat penjepit kertas nya.. kenapa ya ?

Anonymous said...

mau tanya mas ...knapa printer lq 1170 kalau di buat ngeprint dari excel g bisa tapi kalu lagsung dari program kerjaq bisa?tq

Anonymous said...

mas mau tanya...

saya mengalami masalah untuk printer dot matreix EPSON LX-800
jadi untuk print struk pembayaran listrik ( PPOB ) itu normal,
terus setelah selesai print itu jarak antara kertas 1 ke kertas setelahnya terlalu banyak yang lompat..

itu gimana mas?
mohon pencerahan

bacalah said...

oke dah tak baca keluhan teman2 :
hasil prin lompat vertikal, buat excel gak bisa, print on lalu paus coba clear bios dng cara lepas ic bios, hidupkan printer 5detik lalu pasang lagi, hdupkan...kalo tetap saja ganti ic bios...
print macett ke kiri atau kanan coba kasih minyak singer...gd luck all.

LX300 Murah said...

Terimakasih pak, saya baca baca artikelnya, sangat membantu dalam perbaikan lx 300 epson.

Toko agra mandiri said...

pagi gan
gan saya pengguna lx-800
gan mau nanya,, gan kenapa ya hasil print kok kaya begini
contoh:
((((((((((((((((((((((((((((((((((((
((((((((((((((((((((((((((((((((((((
(((((((((((((((((((((((((((((((((((( dan strusnya
mohon kasih pencerahannya,
mkasih sblumnya

Unknown said...

Pagi Gan,
Saya ada Printer Epson LQ 1170, problemnya tiap ngeprint di excel lebih dari 2 lembar selalu error, error nya seperti berikut :
j0{*,0*j'*;i*:p*+j

0x@rvv{

0@'0ig

begitu terus dan tidak berhenti, kira kira apa solusinya,
terima kasih

bacalah said...

lx 300 : ok sama sama...
agus royadi : hasil cetak seperti itu kerusakan pada ic data 74ls86, ganti ic nya..kalo tetap aja clear bios..
yadi n firmansyah : lq1170 eror seperti itu clear bios ya...
ok semua gd luck..

Unknown said...

mas saya pnya printer lq 1170, kalau dihidupkan bunyi beep 5 kali, apa ya masalahnya??

bacalah said...

eno wahyudi : coba gesser head kekanan kiri kalo macet kasih minyak singer, coba hidupkan, kalo tetapsaja cek motor steper...gd luck.

Unknown said...

maaf tanya mas ada TR D1647 mati 1 tapi cari kesulitan apa bisa di ganti yg lain makasih

bacalah said...

TR itu carikan di dendengan board mas...di pasaran emang nggk ada...coba ke THR surabaya ya...gd luck.

Unknown said...

mas sy punya lq310.bisa print tapi keluarnya lain mas..g mana tu?

bacalah said...

keluar lain gimana maksudnya??? mohon diperjelas ya...

yoga said...

mas,mau tanya printer lx 300+ waktu ngrint,setelan no 1 selalu macet di seblah kiri,tapi kalau setelan no 2 untuk ngrint lancar tapi tulisane ngk jelas,kalau yg no 1tulisanya jelas

bacalah said...

Yoga, lx300+ kelemahannya ada pada cylinder head dan cincin head...bila setelan 1 selalu macet coba cek head sink, bila cacat sedikit ganti aja...cek juga kondisi jarum head bila terlalu lancip ganti jarum headnya...gd luck.

antok876@gmail.com said...

bagaimana mengatasi kalo printer lx-310 mencetak sampai di tengah bunyi thit...thit...thit...5 kali atau lampu orange berkedip 5 kali. mohon pencerahannya. terimakasih.

http://driveprint.blogspot.com

YOGA JLEGONGAN said...

mas,kalau mau cetak pakai kabel usb di dotmetrik lx 300+ mau cetek kok terlalu lama harus nunggu ,setelah itu baru bisa cetak/dokumen pending ada tulisan kayak gitu

riko said...

mas saya pakai epson lx-310 ketika ngeprint selalu mulai dari tengah kenapa ya ? jadi ga mulai dari awal kertas

bacalah said...

sudaryanto : kasih minyak singer di head cylinder
yoga : kalau ada file print yg belum ke print di delete all, cek juga kabel usb, soket usb atau pindah soket usb, cek driver printer, kalo tetap aja ganti ic 74ls86.
riko : clear biosnya mas..ok semua gd luck ya.

Anonymous said...

saya ego di bogor, mau tanya:
1. di kerjaan ada lq-2180 yg kalo ngeprint huruf/angka lancar, tapi bila ngeprint garis/tabel langsung macet & lampu2 berkedip2. printer suda dibersihkan, semua roda dan silinder sudah diberi minyak singer, tapi masih gitu juga.
penyebab masalah & solusinya apa ya?
2. kalo program clear bios lq-2180/2170 cari dimana ya?
makasih

Unknown said...

Hallo pak,
mau nanya utk cara ganti bios caranya gimana ya ?
Thank you

Unknown said...

pagi mas, saya mautanya. lx300+ii saya kalo di nyalakan headnya stuck di pojok sebelah kiri (yg jauh dr knob) sambil mengeluarkan bunyi beep 5x, lalu tdk bisa digunakan. biasanya saya matikan-nyalakan-matikan-nyalakan lagi sampe bisa berfungsi normal lg (tdk stuck n mengeluarkan bunyi). kadang kala printer sdh dlm keadan nyala normal tp setelah beberapa menit ketika mau mencetak headnya malah stuck di pojok kiri dan berbunyi beep 5x juga.
kira2 ada masalah/apa yg rusak di printer saya ya mas n bagaimana solusinya. trimakasih

bacalah said...

anonim (mohon dikasih nama ya) masalah ada pada head (jarum head ada yg lancip, buka head ganti jarum yg lancip amati dengan baik)
luiz : ya tinggal cabut saja ic biosnya itu ya heheh
alvien : kasih minyak singer di cylinder headnya, gesrer kanan kiri secara manual, lalu coba nyalakan...ok teman2 gd luck.

Anonymous said...

saya nandar mas, mau tnya untuk maslah pd epson LQ 2190, pd saat mau print setelah krtas masuk dia berhenti bunyi thit...thit...
dan setelah sya tkan tombol pause sama saja gk mau print

Unknown said...

ane dh ikutin ttp blon solved, mslah sma ky yg d atas prihal print 2 halamn dg kertas continuous form, halmn ke 2 ny loncat alhasil k print ny di halmn 3.
OS win7-x86, karna notebook, user mnggunakn "Converter USB to Parallel"
printer sblum ny normal krna pemutar pita ny suka ngadat d gnti ma printer yg suka loncat2 ini, pdhal status printer ini normal jg dgunakan sblm ny oleh user lain
mhon pncerahan ny bro..
trims

Unknown said...

Hasil cetak lx 800 saya hurufnya pecah. Trus klo cetak d kertas rangkap hasilnya jg gak jelas

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
the_zidan said...

maf mas mohon pencerahannya
saya pake printer epson lq 1170,waktu kertas masuk LED multi part berkedip dan tidak bisa cetak
di komputer ada message out of paper

Anonymous said...

Lam kenal mas...sy ada printer epson lx 300+II 4 unit,yg sy tanyakan..printer 1 klo pagi dinyalain error tp klo dah siang udh mormal..tp tidak berlaku buat printr yg lain(tipe sama). Jg hasil print untk garis vertikalnya ga bs lurus.. mksih advicenya

indra said...

(Post ulang)Lam kenal mas...sy ada printer epson lx 300+II 4 unit,yg sy tanyakan..printer 1 klo pagi dinyalain error tp klo dah siang udh mormal..tp tidak berlaku buat printr yg lain(tipe sama). Jg hasil print untk garis vertikalnya ga bs lurus.. mksih advicenya

hamid said...

pak tolong saya, mau tanya printer LX-300+ saya ketika di masukan kertas selalu langsung keluar dengan sendirinya. bagaimana solusinya. terimkasih

Unknown said...

Mas sy andy. Print saya epson lq 2180 kerusakan-nya adalah tinta pita-nya (melilit) itu krusakan apa-nya ya mas? Trimakasih.

Anonymous said...

salam kenal
sy imron
printer sy LX 800 biasanya mainenance cuma bersihin batang sama lepas roller penarik kertas, tapi kemaren ini kok printer jado error, tiap diprint keluarnya bukan ketikaan malah ngacak contohnya ff144f44dan 11fffg terus loncat beberapa halam ngperin sedikit &&ddva dan lain sebagainya terus sampe beberapa lembar kosong
mohon pencerahan, coz buat struk listrik
trimakasih

fauzan said...

thanks gan postingan anda sangat membantu :) suksess selalu

Unknown said...

maaf mas mau minta solusi ni, printer ak epsen lx310 hasil cetaknya tidak beraturan, tulisannya ada yg miring padahal harus tegak, dan kalau print garis lurus,dia miring lurus miring lurus gimana solusinya mas makasih..

Adjie SalahJalur said...

Tolong dibantu ya om, printer saya epson LX-800. klo digunain selalu ngegeser kekanan setiap 2 baris. jadi hasil cetakannya tidak rata.

Saat ngeprinnt, beberapa saat head printernya mentok ke pojok paling kanan dan menimbulkan suara yang sangat berisik

Mohon solusinya yaa

Anonymous said...

mlm gan,lamken all,minta solusinya gan,sy punya printer lx-300+,hasil cetakan cuma garis aja,udh di ganti jarum,head,kabel head,tpi hasil nya sama,,,minta solusinya gan...tks,,,

Anonymous said...

malam pak mau tanya saya punya lx800 pada saat di hidupkan head nya kekanan terus rusaknya apa ya dan lx300+ lampu hijau kuning dan merah hidup tapi head nya tidak bergerak dan lx300 pada saat di sambungkan dengan komputer lampu indikator mati. tks

Anonymous said...

pagi pak,

sy pake continues form (slip gaji) di LQ-2190, tapi kertas pertama tidak langsung
ketarik, dan bunyi beep (led pause merah) baru bisa jalan setelah tombol pause di tekan, kira-kira bermasalah dimana ya?

Unknown said...

Salam Sukses om....saya punya printer epson lq 2190,yang jadi masalah setiap saya menyalakan selalu print sendiri terus(semacam test print gitu)dan ga berhenti2 sampai saya matikan itu printer,kira2 itu masalahnya kenapa yaa dan solusinya gimana om??

sebelumnya saya ucapkan terima kasih

Unknown said...

mas printer saya gk jalan setiap saya nyalain lampu lednya nyala semua knpa ya mas

bacalah said...

rison pramono clear biosnya ya...
teguh prasetyo untuk lq 2190 hilangkan perintah prin yg ada di menu komputer dengan cara klik printer klik lq 2190 dan lihat bila ada data2 yg belum ke print delete semua, cek juga bios printer...
yg nggk da namanya nggk tak jawab hehe kan perturan bro...

bacalah said...

adjie : lumasi cylinder head dengan minyak singer
arief : cek rumah head bila dah longgar ganti saja pasti beres
fauzan : makasih mas
andye : cek ribbon drivernya bila roda ribbon dah aus ganti saja
hamid : cek sensor kertas
indra : tidak bisa lurus vertikal cek rumah head bila longgar ganti saja
zidan : cek sensor kertas, clear bios

saputra said...

mas mau tanya printer ane LQ 1170, kok gulungan muter terus.. itu kenapa yaw!!
mohon bantuannya???
terima kasih

Anonymous said...

mas saya ada printer lq-2180, kalo load kertas continues dari depan suka bermasalah. kadang ngeload kertasnya normal kadang kertasnya kurang naik/tidak pas. Kira2x rusak apanya?

Joko said...

mas saya ada printer lq-2180, kalo load kertas continues dari depan suka bermasalah. kadang ngeload kertasnya normal kadang kertasnya kurang naik/tidak pas. Kira2x rusak apanya?

bacalah said...

saputra : cek sensor kertas
joko : cek sensor kertas fron & bantalan roler
gd luck all.

Anonymous said...

Mas.. saya ada printer LQ-2090, masalahnya kalo di hidupin semua lampu berkedip-kedip di sertai dengan bunyi Beep 5 kali. setelah bunyi beep selama 5x hilang semua lampu tetap berkedip-kedip.. mohon bantuanya.. ?

Mona said...

Dear Mas,
Apakah ada settingan Untuk Slip Gaji supaya tidak transparan??
Menggunakan Printer EPSON LQ-2190..

bacalah said...

Anymous nggk da nama nggk tak jawab hehee...
Mona seting gaji biasanya ada di menu software bawaan kalo manual gunakan pengatur ketebalan tulisan di printer...gd luck.

candra said...

selamat pagi mas salam kenal, mohon bantuannya mas saya ada printer lq 2170 awalnya masalahnya ga bisa ngeprint dikomputer setelah saya cek printself test bisa lalu saya cek kabel bagus semua tp tetap tdk bisa ngeprint, akhirnya saya ganti ic komunikasinya ic74ls06 sama ic93c46 tp pada saat saya coba print self test semua lampu indikator kedip2 (blink) tidak mau ngeprint kenapa kira kira mas, sudah saya coba clear bios, ganti bios, bahkan ic yang saya ganti tadi saya balikin lagi tetep saja ga bisa ngprint.. terima kasih sebelumnya mas

Unknown said...

pagi...
saya punya printer epson lx 800 dipakai print ppob dan pakai kertas gulung masalahnya kalau sering ngeprint kertas menyamping dikiri dan hasil cetakan nya terpotong...

bangkitajaya said...

mas ini saya punya epson lx 800 dipakai ngeprint hasil cetakan tidak rata, pitanya malah keluar luar. itu kenapa ya ? mohon bantuannya

Unknown said...

Mas ini saya punya kendala dikit mas, gimana caranya printer bisa ngeprint uang dengan sendirinya mas...
Jadi kita gak mikiri dolar naik atau turun mas...

Anonymous said...

mas numpang tanya .. kok saya print di printer dotmatrix LX310 dengan kertas faktur .. kenapa warna pink saja yg tidak terkena hasil print ... thx sebelumnya

Unknown said...

mas cara cek spul head print LQ 2190 gmn ya?? dan cara cek tegangan dari board ke head gmn ya?? Karena cara kerja jarum head kan jarum akan mengetuk setelah diberi tegangan karena kumparan spul dalam head mengalirkan magnet.. tlng bls mas ya trimakasih

Agus said...

Numpang tanya Pak,
saya ada masalah dengan printer LQ2190, dimana pertengahan jalan ngeprint, tiba-tiba lampu berkedip semua, dan saya restart (matikan printer) kemudian dihidupkan lagi, printer berjalan normal tapi kemudian muncul masalah, hasil print muncul karakter aneh (tidak sesuai dengan apa yang diprint). Kejadian ini kadang-kadang. Kira-kira masalah dimana ya Pak? dan juga bagaimana cara merawat type printer dot matrix, kebetulan printer jenis ini penggunaannya sangat tinggi.

terimakasih

NUR SALAM said...
This comment has been removed by the author.
NUR SALAM said...

assalamualaikum wr wb
maaf mau tanya printer LX-300+II ketika ngeprint baris akhir tidak jelas
mohon solusinya

Prahara Sahabat Yg Baik said...

Tanya donk, printer epson plq 20 pas dihidupin bunyi beeb 5x & lampu kedip" semua. Itu apanya ya yg perlu di cek. Terima kasih

Prahara Sahabat Yg Baik said...

Tanya donk, printer epson plq 20 pas dihidupin bunyi beeb 5x & lampu kedip" semua. Itu apanya ya yg perlu di cek. Terima kasih

Unknown said...

Mohon solusi pak dokter printer

bgaimana solusinya printer lq-2180 saya saat dinyalakan /tombol i/o di pijet lampu indikator semuan nyala terus mati semuanya

Rabbit Toko Online said...

Printer LQ-2170 / 2180, setelah ganti gear bagian kanan, kalau load ketas posisinya terlalu tinggi, bagaimana cara settingnya?

yoyok said...

mau tanya mas,saya pakai printer epson DFX9000 tetapi permasalahan saya kalau nyetak itu pas ditengah atas selalu merobek kertas hasil cetakannya itu kenapa yah mas,mohon bantuannya??

bacalah said...

Yoyok cek head sink ya
Rabit coba lihat gear yg baru ganti sama gak? Cek juga bantalan dibawah roler
Abdoel coba cek kabel head, cek juga soket head
Praharan cek cylinder head beri minyak, cek juga ribbon driver
Nur salam cek pita, cek juga setelan cylnder head di kanan dan kiri
Agus cobas sering del file print yg nggk ke print di softwarenya, cek juga cylnder head bila kering beri minyak singer
Dimas cek spul pake avometer kalo spul rusak biasanya putus, cek juga transistor head & ic nya
Bangkit jaya cek head sink kalo sobek dikit aja ganti
Andi cek cylinder head
Candra sebelum mengganti ic TTL cek dulu kabel print, driver printer. Kalo kerusakannya seperti itu coba cek jalur pcb biasanya ada yg putus...
Ok semoga membantu gd luck.

bacalah said...

Oh ya bila teman teman mengalami kesulitan dan harus ditangani segera call, Rudi 081217725500

Unknown said...

Bos numpang tanya lq2190 klo dpasang head pasti mati, tp klo head dilepas bs hidup? Sdh coba diganti head msh sama. Krusakn dimobony/ yg hrs dicek sblh mana ia bos?

Unknown said...

Bos numpang tanya lq2190 klo dpasang head pasti mati, tp klo head dilepas bs hidup? Sdh coba diganti head msh sama. Krusakn dimobony/ yg hrs dicek sblh mana ia bos?

Unknown said...

Selamat sore gan
Ane punya printer lq2190 Head pada ompong..trus ane beliin Head baru...begitu ane pasang...pas dinyalain ada bunyi kkretekk...langsung mati total .. mohon pencerahanya Tq Gan

Irwan said...

selamat sore gan...
aku punya printer dot matrix printer sp500 series, nah masalahnya printernya tuh gak bisa mengeluarkan huruf bold nya...gimana yah gan? kasih solusinya gan?
terima kasih yah

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

hallo mas.....
saya mau tanya dong mas, printer lq 2180 kalau buat ngeprint itu hasil print yg ke2 dan seterusnya tulisannya selalu naik keatas tidak sama dengan yg pertama
mohon pencerahannya mas.terima kasih

candra said...

Klo ada masalah seputar printer boleh sms minta pencerahan g mas?

candra said...

Klo ada masalah seputar printer boleh sms minta pencerahan g mas?

candra said...

Terima kasih pencerahannya mas

bacalah said...

teman teman kalo butuh servis cepat langsung call saja ya...tq.

Anonymous said...

mas tanya dong...
printer epson tipe LQ 2190 pitanya gak jalan...solusinya gmn mas?

Anonymous said...

mas mau tanya niihh..
Printer LX 800 roll nya gak jalan,,saya cek motornya,normal..
Solusinya gimana mas,?

Unknown said...

Halo bos, mohon Pencerahan ny..
Printer kantor epson lq 1170, setiap ngeprint selalu muncul cetakan..

@EJL 1284.4
@EJL


Mhon petunjuk ny bos, bwt memusnahkan huruf2 trsebut.. (PC Win XP)

Klo boleh, Request jwbn by mail ya bos..
Trim's

rendracorvianda@yahoo.com

Unknown said...

mas bacalah saya boleh ikut bertanya? kalau Epson LQ2180 itu lampu indikatornya mati dan mengeluarkan suara beep terus menerus setelah dinyalakan itu letak permasalhannya dimana ya mas? terimakasih

andhexqq said...

Mas mw Tanya. Printer punyaq lx300 kl buat ngeprint stiap (misal 10baris. 2baris pertama normal tp 2 baris berikutnya blur/double, dan
Berikutnya normal tp 2 baris sama blur/double dan bgtu seterusnya. Solusinya gmn ya Mas? andhexqq@gmail.com

Unknown said...

Salam sejahtera,
maaf printer Printer LQ 2190 saya hasil print out ny tulisan dan garis nya menjadi tidak rata, mohon pencerahan nya??
terima kasih.

Unknown said...

Salam sejahtera,
maaf printer Printer LQ 2190 saya hasil print out ny tulisan dan garis nya menjadi tidak rata, mohon pencerahan nya??
terima kasih.

Unknown said...

Mas mau tanya, saya punya print LX-310, kalo dibuat ngeprint 1/2 letter dari lembar kesatu sampai lembar belasan pasti marginnya turun sendiri, jadi ngga bisa rapi. mohon bantuannya

musaeni.com said...

terimakasih gan sharingnya, mampir juga ke blog saya www.musaeni.com

Unknown said...

Kalau epaon lq2090 printhead dipasang malah matot ic manakah yg harus diganti..soalnya printhead 2x ganti tetap kebakar printheadnya. Sebelum trima kasih..

«Oldest ‹Older   1 – 200 of 225   Newer› Newest»

Post a Comment